Sabtu, 09 Januari 2010

Yang Saya Tahu Tentang Strawberry Cafe


Strawberry café, café dengan segudang permainan!

Yup
sesuai dengan judulnya, gw mau berbagi pengalaman tentang perjalanan gw ke Strawberry Café.

Café ini berlokasi di 2 tempat berbeda di Jakarta, yaitu di Tanjung Duren dan di Gandaria. Kebetulan, yang gw kunjungi adalah cabang yang di Gandaria. So, hal-hal yang gw ceritain di sini adalah yang gw alami di cabang tersebut.

Seperti cafe-cafe pada umumnya, Strawberry cafe menawarkan tempat hangout sekaligus tempat makan. Uniknya, selain menyediakan berbagai jenis makanan, Strawberry Café juga menyediakan berbagai jenis permainan untuk dimainkan. Dan yang lebih menyenangkan, semua permainan itu gratis, kecuali Jumanji. Apa itu Jumanji? Nanti akan gw jelaskan lebih lanjut.

Kalau begitu, mainan apa aja sih yang bisa dimainkan? Ada banyak mainan yang tersedia sebenarnya (kurang lebih 400 permainan), tetapi cuma yang ada di daftar aja yang bisa dimainkan. Setiap meja pengunjung bakal di kasih 2 lembar daftar permainan yang bisa dipilih. Daftar pertama berisi permainan untuk 2 orang dan daftar kedua untuk kelompok. Contohnya Headbenz, The Lost City, Taboo, Uno, Remi, Monopoli, Battle Ship, Guess Who, dan masih banyak lagi. Jangan khawatir kalau nama-nama permainan itu asing bagi lo semua karena pelayan di sana bakal menjelaskan ke lo gimana aturan mainnya. Waktu itu sih gw mainin Headbenz, Taboo, The Lost City, dan Uno. Lumayan seru, kok!

Terus, apa gw cuma main doang di sana? Haha, nggak lah. Gw juga mencicipi makanan yang ada, kok. Gw sempet kaget pas dikasih daftar menunya karena besar dan cukup berat, maklum covernya terbuat dari kayu berbentuk strawberry. Ketika gw membuka lembar demi lembar, gw menyadari kalau halaman daftar menu itu banyak banget dan bertaburan nama-nama asing (kurang lebih 140 nama), seperti Initial S, Strawberry in Paradise , dan lainnya. So, kalau lo bingung sama content dari masing-masing menu, jangan ragu untuk bertanya sama pelayannya daripada lo memesan sesuatu yang nggak lo suka. Menunya mulai dari Teppanyaki, berbagai jenis Waffle, Burgers, Fried Rice, Pasta, hingga berbagai minuman olahan strawberry, juga minuman lainnya. Harganya variatif, antara 15 ribuan hingga 30 ribuan rupiah. Rata-rata sih berharga 20 ribuan rupiah. Cukup terjangkaulah buat pelajar dan mahasiswa.

Russian Roulette?
Tahukan permainan tantangan yang memutar putaran peluru dan ditembakkan ke kepala orang? Kalo ternyata pelurunya kosong berarti selamat, kalau isi, yah nasib deh. Haha.
Di café ini juga ada menu yang namanya Russian Roulette, tetapi nggak bakal bikin lo tewas, kok. Menu ini terdiri dari beberapa slot gelas kecil yang berisi minuman olahan strawberry (means strawberry dicampur something). Gelas-gelas itu disusun melingkar di meja. Sebuah pistol mainan diletakkan tepat ditengah-tengah lingkaran. Setiap orang secara bergiliran memutar pistol dan meminum gelas yang ditunjuk oleh si moncong pistol. Minuman itu harus diminum dengan cepat dan tanpa ekspresi apa pun rasa yang lo dapat. Kalau nggak kuat, seperti minum atau munt*h, berarti orang tersebut kalah dan biar tambah seru bisa dikasih hukuman. Asal tahu aja, rasanya bisa manis, asam, asin, bahkan pedas. Temen gw, si Xandra sampai jackpot (munt*h) gara-gara nggak tahan pedas. Berani coba? Monggo.

Jumanji?
Sesuai janji gw tadi, gw bakal menjelaskan lebih lanjut tentang permainan Jumanji. Permainan ini untuk kelompok, kalo nggak salah minimal 4 orang (atau maksimal gitu, sorry agak lupa, soalnya gw main pas berempat). Baru dibuka jam 8 malem (pk 20.00 WIB). Kalau mau main langsung aja daftar, walaupun lo dateng jam 11 siang karena kalau makin malem makin rame dan lo bakal ngantri lama banget (tipenya waiting list gitu deh). Untuk bisa menikuti permainan ini, ada beberapa syarat, teknis dan psikis (haha, apa sih bahasa gw). Syarat teknis, kalau lo memesan makanan, lo Cuma perlu bayar 5.000 rupiah (1 makanan berlaku bagi 1 orang, bukan kelompok). Sedangkan, kalo lo cuma pesen minuman, lo harus bayar 20.000 rupiah/orang. Syarat psikisnya adalah lo ga boleh mengidap asma ataupun sakit jantung.

Aturan main:
Permainan Jumanji berlangsung 20 menit. Lo bakal dikasih 4 misi yang harus diselesaikan. Di setiap misi bakal ada yang mengejutkan. Apa itu? Cobalah sendiri! Nggak enak kalo gw ceritain detilnya, entar lo dah nggak nikmatin lagi waktu mainnya. Yang jelas, gw cuma sampe misi ketiga soalnya temen gw si Xandra (lagi) nggak kuat dan minta berhenti. Satu orang berhenti artinya semua berhenti dan permainan selesai. Penasaran? Cobalah!

Serba-serbi:
1. Strawberry Cafe ini, FYI, banyak banget diisi ama anak-anak SMA. Anak kuliah juga ada sih, tetapi tetap didominasi sama anak SMA.
2. Suka ada kejutan ulang tahun, kalau pas ada yang ngerayain ultah, yaitu berupa lampu tiba-tiba mati, nyala lampu sorot kelap-kelip warna hijau, muncul lagu house music yang gw nggak tahu penyanyinya siapa. Lebih mirip lagu remixan Indonesia gitu. Terus muncul pelayan-pelayan Strawberry Cafedengan kostum, nyanyi-nyanyi, serta menyemprot yang ultah dengan foam dan Confetti Launcher. Kemudian diakhiri dengan pemutaran lagu Jamrud "Selamat Ulang Tahun".
3. Minuman Initial S ditaruh di gelas yang bawahnya berisi ikan dan ditambah kembang api sebagai hiasan.
4. Nasi goreng yang mengandung strawberry cuma ada di menu Strawberry in Paradise.

Kekurangan:
1. Pelayannya suka main sendiri. Jadi buat gonta-ganti permainan atau nambah pesanan terkadang harus nyamperin mereka dan menunggu lumayan lama.
2. Kurang jelas dalam menerangkan aturan main, dalam hal ini masalah waiting list Jumanji, ceritanya gw nggak dikasih tahu kalau harus daftar dulu. Oleh karena itu, sebagai pengunjung harus lebih aktif nanya sampai selengkap-lengkapnya.
3. Lumayan panas karena nggak semua AC nyala.
4. Pelayanan lebih mengutamakan kelompok dalam jumlah besar atau pelanggan.

So, itu semua pengalaman gw di Strawberry Cafe. Kalau lo penasaran, ajak deh temen lo rame-rame ke sana. Jangan pernah datang sendirian atau lo bakalan garing. Haha.

Alamat:

Strawberry Café Ke-1
Jl. Tanjung Duren Barat III No. 1
(Dibawah Markas Bilyard)
Jakarta Barat
Phone: 021-56962880

Strawberry Café Ke-2
Jl. Gandaria 1 No. 75
(Depan Snapy 24jam atau Dekat Blok M)
Jakarta Selatan
Phone: 021-7222051

3 komentar:

Fianiza Kartawihardja mengatakan...

nice post! :D

mau nambahin nih dind, boleh kan..hehe

* dekorasi ruangan tampak seperti hutan, untuk siang hari malah minim penerangan.
* harga makanan & minuman standar cafe lah
* waffle nya tidak seperti yg gw bayangkan layaknya waffle A&W yg lebih gede dan tebal, hee, tp bolehlah.
* Russian Roulette - yg rasa pedas itu campuran sambal mie ayam ya?? hueekk...
* minuman Initial S - ikannya sangat merana (lol)
* Jumanji - satu peraturan lagi : apapun yg terjadi tidak boleh menggunakan kekerasan!
* Jumanji - buat yg mau uji tingkat kekagetan cobalah ini. (dan gw paling benci dikagetkan dan dikejar2, untung saja gw ga reflek melempar barang2, kan ga boleh pakai kekerasan, hahaha, nyebelin abis)
* Jumanji - metode ngagetinnya boleh jugalah..
* Kejutan Ultah - triknya selalu sama ah, musiknya juga. diawali dgn house music selamat ulang tahun tradisional lalu lagunya Jamrud.
* DAN yang paling bikin keki itu pelayanannya yang SANGAT KURANG MEMUASKAN. tidak cepat tanggap gtu deh (kalo kuliah masuk grade D- nih). masa kita harus panggil berkali2. SEMUA konsumen kan seharusnya dilayani dengan baik.

baiklah, cukup dari saya. sekian dan terima kasih. :)

NB: when will we have some fun again, dind? :P

Adinda Widyastari mengatakan...

hahaha benar banget.. thanks buat tambahannya..

hayuk ditunggu lagi.. harus cari tempat baru yang oke lagi nih.. ^^

Alexandra mengatakan...

bangke gw baru baca lg ini.. gw jd bulan2an di post lo dah din? tega bener.. *biarpun kenyataan sih* bwakakakakakakak